Breaking News:

Kisah Inspiratif Para Srikandi Belitong

Rahasia Hasilkan Alumni Moncer, SMAN 1 Tanjungpandan Bekali Siswa Psikotes dan Gandeng Psikolog UI

MA Negeri 1 Tanjungpandan selama ini dikenal sebagai sekolah yang unggul secara akademis hingga memiliki alumni yang moncer.

Pos Belitung/dok
Siswa SMAN 1 Tanjungpandan mengerjakan soal UNBK Matematika di SMKN 2 Tanjungpandan, Selasa (11/4) beberapa tahun lalu 

POSBELITUNG.CO- SMA Negeri 1 Tanjungpandan selama ini dikenal sebagai sekolah yang unggul secara akademis hingga memiliki alumni yang moncer.

Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpandan, Jantimala menyebut hal ini sebagai tantangan agar terus eksis dan unggul.

Pihak sekolah juga menganggap ini hal positif sehingga lulusan SMP yang berprestasi tetap mengutamakan sekolah tersebut sebagai pilihan pertama.

Dalam menjaring siswa berprestasi menonjol, tahap awal memang dari penjaringan pada penerimaan siswa baru pada awal tahun ajaran.

Seperti nilai-nilai akademik yang mendukung siswa agar bisa masuk ke penjurusan.

"Dengan adanya penerimaan jalur zonasi seperti sekarang pengaruhnya besar, karena untuk menjaring prestasi (kuota) hanya 25 persen. Akan tetapi berharap dari yang zonasi juga masih banyak nilai yang bagus, minimal 50 persen lah," sebut Jantimala kepada Pos Belitung, Rabu (1/7).

Pada tahap menempuh pendidikan, sekolah di Jalan Gatot Subroto, Tanjungpandan ini juga bekerjasama dengan tim psikolog dari Universitas Indonesia (UI) untuk melaksanakan tes psikotes pada siswa kelas 12. Tes ini untuk bimbingan karir setelah siswa lulus SMA.

Dalam mendukung siswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, pihak sekolah memberikan informasi beasiswa.

Kata Jantimala, informasi beasiswa ini selalu disosialisikan setiap awal tahun melalui grup obrolan WhatsApp maupun pada forum resmi.

SMA Negeri 1 Manggar juga tak mau kalah sebagai satu di antara SMA di Belitung Timur yang banyak mencetak siswa-siswi berprestasi.

Halaman
123
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved