Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kisah Sukses Sabarudin, Tak Asing di Dunia Pendidikan Beltim Toreh Prestasi di Level Internasional

Sabarudin beberapa kali memimpin sekolah di Kabupaten Belitung Timur. Dari tingkat SMP hingga SMA dan semua yang dipimpinnya meraih prestasi

dokumen pribadi
Sabarudin saat short course di Korsel 2016. 

"Orang pintar melakukan apa yang biasa orang lakukan. Orang cerdas lebih pintar dari orang pintar, namun orang jenius memikirkan apa yang tak pernah dipikirkan orang lain."

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- BARU-baru ini empat siswi SMA Negeri 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mencatatkan prestasi gemilang dalam Liga Olimpiade Pelajar ke-15 Nasional. Ajang tersebut digelar secara daring karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Adalah Fidiatun Nofus, siswi kelas XII menyabet juara I bidang ekonomi. Selanjutnya juara III dipersembahkan Angelique Johanes bidang geografi dan fisika atas nama Adelia Nur Sandrina. Kemudian Brenda Christy peringkat V bidang ekonomi.

Keberhasilan mereka tidak luput dari dukungan berbagai pihak serta guru-guru pembimbing. Termasuk juga kepala sekolah (kepsek) tentunya.

Saat ini Kepala SMAN 1 Manggar dijabat Sabarudin. Sosok ini sudah tak asing lagi dalam kancah pendidikan di Beltim. Berbagai prestasi telah ditorehkan bahkan hingga level internasional.

Seperti apa sepak terjang Sabarudin mengarsiteki sekolah maupun kariernya pribadi sejauh ini? Berikut wawancara eksklusif Wartawan Pos Belitung Bryan Bimantoro, Jumat (24/7).

T: Ceritakan secara singkat awal menjadi tenaga pendidik hingga kemudian diangkat sebagai kepsek?

J: Saya jadi PNS sejak tahun 2000 dan ditempatkan pertama di SMP Negeri 2 Gantung karena saat itu hanya ada satu unit gedung baru. Waktu itu perekrutan PNS hanya dilakukan ketika ada unit gedung baru. Jadi waktu itu jumlah guru sekitar 11 orang ditempatkan semua di SMP itu.

Tahun 2005 saya dimutasi ke SMA Negeri 1 Manggar. Lalu tahun 2008 saya dapat beasiswa S2 di Universitas Pendidikan Indonesia dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan lulus pada tahun 2010. Alhamdulillaah lulus dengan predikat cumlaude.

Alhamdulillaah saya satu-satunya di Babel yang dapat beasiswa itu, karena setelah angkatan saya beasiswa itu dikhususkan hanya untuk pegawai LPMP.

Halaman
1234
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved