Breaking News:

Berita Belitung Timur

DPRD Belitung Timur Nilai Pemda Lebih Siap Menghadapi Banjir Dibandingkan 2017 Lalu

Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur, Fezzi Uktolseja menilai Pemkab beltim lebih siap menangani permasalahan banjir yang terjadi

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
Posbelitung.co/Suharli
Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja saat berada di ruang kerjanya. Selasa (19/1/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -  Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur, Fezzi Uktolseja menilai Pemkab beltim lebih siap menangani permasalahan banjir yang terjadi di di bagian beberapa waktu lalu dibandingkan 2017 silam.

"Pemda lebih siap. Ya kalau lebih baik jangan sampai terjadi banjir. Kami meninjau beberapa, pribadi meninjau daerah Damar dan Kelapa Kampit karena yang terdampak paling parah dua Kecamatan itu. jadi untuk di Damar sudah disiapkan tempat pengungsian yang layak dan mereka juga punya kampung siaga bencana," ujar Fezzi saat ditemui diruang kerjanya Selasa (19/1/2021).

Kendati demikian menurut Fezzi, Beltim masih memiliki tugas berkenaan dengan titik atau lokasi banjir yang masih sama, misal di Damar Depan PAM, Di Kelapa Kampit di Balai Selatan.

"Walaupun di beberapa daerah memang sufah bagu, misal Di beberapa derah ada pembangunan seperti normalidasi, dulu langganan banjir tapi setelah dibuatkan normalisasi berupa kolam retensi daerah di sekiatarnya tidak lagi banjir artinya itu bisa jadi solusi," ujarnya.

Dia berpendapat Kalau dibandingkan 2017 lokasi titik banjir memang jauh menurun. Ada beberapa daerah yang sudah ada action dari pihak terkait contohnya di desa kurnia jaya dengan dibuat besar penampungannya, biasa banjir jadi tidak banjir lagi.

"Saya juga melihat sudah ada upaya untuk memperbaiki namun kurang optimal. Alangkah baik tempat-tempat langganan banjir dibuat embung unyuk pencegahan," ujarnya.

Kemudian ada yang menjadi pergatian DPRD Beltim yakni putusnya beberapa jalan dan ada juga terjadi amblas.

"Walau jalan yang putus bukan jalan utaman, namun PUPR juga harus cepat melakukan perbaikan-perbaikan, misal di jalan Menduang dimana disitu juga ada orang-orang yang berpenghidupan disitu seperti ternak ayam dan juga ada balai beni ikan," ujarnya.

Menurutnya saat meninjau jalan putus di Jalan Menduang juga sudah ada Dinas PUPR dan Dinas sosial turun kelapangan.

"Kalau berkaca 2017 lalu kan kita masih bingung, alhamdulilah kemarin jauh lebih siap," ujarnya.

(Posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved