Breaking News:

Erick Thohir Kerahkan BUMN, Jamin Ketersediaan Oksigen di Pasaran

Pupuk Indonesia Group disebut sudah mengirimkan total 96.73 ton oksigen ke Rumah Sakit yang ada di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Editor: Tedja Pramana
kompas.com
Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengerahkan sejumlah perusahaan pelat merah membantu ketersediaan oksigen di pasar dan rumah sakit.

Lonjakan kasus positif Covid-19 mengakibatkan tabung beserta oksigennya menjadi langka di pasaran. Ini menjadi perhatian pemerintah di tengah kebutuhan oksigen yang meninggi.

Sejumlah BUMN strategis seperti Pertamina Group termasuk di dalamnya adalah PGN, Krakatau Steel dan Pupuk Indonesia Group yang di dalamnya ada Petrokimia dan juga PUSRI disebut Erick siap berkontribusi dalam memastikan ketersediaan oksigen.

"BUMN bergerak cepat di segala lini. Ini terutama untuk membantu ketersediaan oksigen," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7/2021).

Mantan bos Inter Milan itu menjelaskan, Pertamina Group selain mengalokasikan infrastrukturnya untuk memperlancar alokasi dan distribusi oksigen ke lokasi-lokasi yang membutuhkan melalui PGN juga memberikan bantuan dan oksigen.

Pupuk Indonesia Group disebut sudah mengirimkan total 96.73 ton oksigen ke Rumah Sakit yang ada di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Selain itu, Krakatau Steel yang memiliki alokasi oksigen yang cukup besar yang selama ini digunakan sebagai bagian proses produksi baja.

"Kini kapasitas oksigen milik Krakatau Steel pun segera dialihkan untuk membantu ketersediaan oksigen di rumah sakit," kata Erick.

Erick optimistis langkah cepat yang dilakukan perusahaan-perusahaan BUMN akan cepat dalam merespons kebutuhan di lapangan.

"Saat ini fokus adalah menjamin ketersediaan oksigen yang memadai bagi seluruh rumah sakit dan tempat perawatan. Distribusi secara masif terus dilakukan dan Insya Allah ini akan menjamin ketahanan persediaan oksigen di rumah sakit," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jamin Ketersediaan Oksigen, Erick Thohir Kerahkan BUMN-BUMN Ini"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved