Breaking News:

Virus Corona

Ini Dua Aturan Wajib saat Naik Pesawat Selama PPKM di Indonesia, Tapi Tak Berlaku di Jabodetabek

Aturan baru ini berlaku untuk perjalanan domestik baik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motot, ataupun transportasi jarak jauh seperti pesawat

Editor: Hendra
Posbelitung.co/Suharli
Ilustrasi: Situasi keberangkatan bandara HAS Hanandjoeddin, warga tampak antre sebelum masuk pintu pemeriksaan. Selasa (18/5/2021) 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA,  - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengeluarkan aturan untuk pelaku perjalanan selama penerapan PPKM Level 4-2.

Diketahui PPKM di Jawa-Bali diperpanjang oleh pemerintah selama 2 minggu atau dari 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Selama PPKM diberlakukan ada aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk pelaku perjalanan dalam domestik.

Aturan tersebut berlaku untuk perjalanan domestik baik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motot, ataupun transportasi jarak jauh seperti pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api.

Baca juga: Mulai Besok PPKM di Luar Jawa Bali Diperpanjang 2 Minggu, Presiden Minta Waspada Varian MU dan Lamda

Sebagaimana bunyi Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2-4 di Jawa-Bali, seluruh pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin.

"Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)," demikian bunyi Inmendagri.

Untuk pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi pesawat udara wajib menunjukkan hasil negatif PCR yang sampelnya diambil maksimal H-2 keberangkatan.

Sementara, untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api, dan kapal laut wajib menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil pada H-1.

Ketentuan tersebut hanya berlaku untuk kedatangan dari luar Jawa-Bali atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali, serta tidak berlaku untuk transportasi dalam wilayah aglomerasi seperti wilayah Jabodetabek.

Adapun untuk perjalanan dengan pesawat udara antarkota atau kabupaten di dalam Jawa-Bali dapat menunjukkan hasil negatif antigen yang sampelnya diambil H-1 keberangkatan dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved