Virus Corona di Bangka Belitung

Terapkan SE Kemenhub, Penumpang Bandara HAS Hanandjoeddin Mulai Meningkat

PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin telah menerapkan aturan sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 21 Tahun 2022 te

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Petugas Bandara H AS Hanandjoeddin memeriksa sertifikat vaksin milik penumpang yang akan melalukan perjalanan, Rabu (9/3/2022). (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin telah menerapkan aturan sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 21 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanam orang dalam negeri menggunakan transportasi udara pada masa Pandemi Covid-19.

Dampaknya, para penumpang dipermudah karena tidak perlu menunjukan hasil swab antigen maupun RT-PCR, asalkan sudah menerima vaksin dosis kedua.

Kondisi penumpang di bandara secara kasat mata memang lebih meningkat dari sebelumnya. Sebab, penumpang cukup menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi peduli lindungi atau berupa kartu sudah bisa melakukan check in.

"Untuk aktifitas penumpang hari ini, memang belum selesai penerbangan tapi secara kasat mata memang lebih ramai. Tapi butuh resume lagi untuk menghitung kepastian keseluruhan sampai jam penerbangan berakhir," ujar Executive General Manajer Kantor Cabang Bandara HAS Hananjoeddin Khaerul Assidiqi kepada Posbelitung.co, Rabu (9/3/2022).

Ia menjelaskan SE Kemenhub maupun Satgas Covid-19 berlaku semenjak tanggal 8 Maret 2022 lalu sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Kemudian, bagi penumpang yang mendapatkan vaksin dosis pertama masih diwajibkan menunjukan hasil negatif dari tes RT-PCR berlaku 3x24 jam atau swab antigen berlaku 1x24 jam.

Jika penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komobid terdapat syarat tambahan yaitu surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Sedangkan penumpang anak di bawah enam tahun, dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan Prokes. "Kalau untuk petugas dari sisi bandara sebenarnya seperti biasa tidak ada pengurangan," kata Khaerul. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved