Wawancara Khusus

Bincang Masalah Kehamilan Bersama dr Suhandri SpOG, Perubahan Mood pada Ibu Hamil Normal Terjadi

Memperhatikan tanda-tanda bahaya juga perlu menjadi kewaspadaan agar deteksi dini masalah yang muncul dapat segera teratasi.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Pos Belitung
Dokter Spesialis Kandungan RSUD Marsidi Judono sekaligus Klinik Bersalin Sinar Bunda dr Suhandri SpOG. saat berbincang dengan host Konter Disa Aryandi, Kamis (21/4/2022). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menjaga kehamilan agar tetap sehat menjadi hal penting agar kondisi ibu dan anak yang dikandung sehat.

Makanya, kehamilan perlu dijaga bahkan ketika seorang perempuan belum memasuki usia kehamilan atau pra hamil.

Memperhatikan tanda-tanda bahaya juga perlu menjadi kewaspadaan agar deteksi dini masalah yang muncul dapat segera teratasi.

Lebih jauh membahas mengenai kehamilan hingga tanda gejala bahaya yang muncul saat kehamilan, Pos Belitung telah merangkum obrolan dengan Dokter Spesialis Kandungan RSUD Marsidi Judono sekaligus Klinik Bersalin Sinar Bunda dr Suhandri SpOG.

Berikut kutipan wawancaranya dari program Konter atau Konsultasi Dokter, Kamis (21/4/2022).

T: Ketika mengetahui sedang dalam kondisi hamil, apa yang paling sederhana harus dilakukan oleh seorang ibu agar bayi tersebut tetap sehat?

J: Sebelum memasuki masa kehamilan, tak kalah penting adalah mempersiapkan kondisi sebelum hamil. Pra hamil maksudnya mempersiapkan seorang wanita untuk memasuki usia pernikahan sehingga sudah siap menerima konsepsi agar hasilnya optimal. Gizi dan psikologis yang perlu dipersiapkan. Kalau hamil dalam keadaan kurus atau obesitas berarti belum mempersiapkan masa kehamilan.

Kalau sudah terjadi kehamilan, yang perlu dipersiapkan adalah aspek fisik dan mental, juga terutama keuangan. Perlu melakukan pemeriksaan secara rutin agar diketahui dan deteksi dini apakah kehamilan normal atau tidak. Dengan demikian, kehamilan dapat terpantau secara baik. Setelah pemeriksaan secara rutin akan dapat diketahui tanda bahaya kehamilan. Biasanya orang hamil suka morning sickness, bagaimana agar seorang yang hamil ketika muntah tidak dibiarkan, harus diatasi, juga perlunya pola hidup sehat.

T: Bagaimana cara praktis menjaga kehamilan muda dan tetap sehat?

J: Menjaga pola hidup sehat, mengatasi berbagai keluhan saat hamil, seperti mual. Kalau sudah di luar batas toleransi, segera mencari tahu cara pengobatan atau adalah penyakit penyerta. Itu harus konsultasi ke fasilitas kesehatan, bidan, puskesmas atau praktik pribadi agar cepat tahu bahwa kehamilan sehat atau tidak.

Ketika mengetahui sudah hamil, aktivitas fisik bisa dilakukan jalan santai, serta mengurangi beban berat yang membuat tekanan perut tinggi seperti menarik, mengedan, atau membungkuk berlebihan sehingga membuat kejutan pada rahim. Itu rawan pada usia kehamilan trimester pertama. Karena batasan usia keguguran biasanya di bawah 20 minggu.

Olahraga renang bisa dilakukan dengan tidak menyelam, dan jalan santai yang disesuaikan kemampuan ibu hamil. Saat ini ada program senam ibu hamil, tinggal buka di media sosial.

Penyebab keguguran biasanya berupa trauma, kecelakaan, dan tekanan tinggi seperti olahraga fisik yang berat.

T: Di usia kemahilan 1-4 bulan biasanya yang terjadi kepada ibu hamil sering mual-mual, apa penyebab dan bagaimana mencegahnya?

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved