Breaking News:

OPINI

Sisi Lain Potensi Kekayaan Alam Pulau Belitung

Belitung, sebuah nama pulau kecil di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa dibandingkan pulau-pulau lainnya.

Sisi Lain Potensi Kekayaan Alam Pulau Belitung
Istimewa
Hutan Kerangas

POSBELITUNG.COM - Belitung, sebuah nama pulau kecil di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa dibandingkan pulau-pulau lainnya.

Kekayaan sumberdaya lautnya; ikan, udang, cumi, kepiting, teripang dan lainnya. Keindahan pantai-pantainya; lautnya yang biru, pasir putih, sebaran granit raksasa serta semilir sejuk anginnya saat ini sudah tidak asing lagi bagi dunia luar.

Jika kita berkunjung ke Belitung, suguhan pemandangan pertama yang akrab di kanan kiri jalan adalah padang, semak belukar, kebun kelapa sawit, bekas tambang timah, dan sedikit hutan.

Tanahnya kering berpasir saat kemarau, becek kehitaman dan menggenang saat musim penghujan hanya pohon gelam dengan kulit batangnya mengelupas tegak di dalam genangan.

Saat kecil, kita diajarkan lagu-lagu daerah Bellitung di sekolah, salah satunya yaitu lagu Kayu Kayan ciptaan Abdul Hadi yang liriknya menyebutkan jenis-jenis tumbuhan di Belitung, kurang lebih berikut bagian liriknya;

Jemang samak pelawan kayu marak de tunu
Mendirman mensirak kayu banyak berabu
Nyato seruk pelempang kayu urang beramu
Medang lubang bedare kayu ubat desedu
Bakau nyire teruntum kayu tumbo de amau

Selain Kayu Kayan, lagu lain yang menyebutkan kekayaan buah-buahan di Belitung yaitu lagu Bua Utan, kira-kira liriknya seperti ini;

Kawan kawan banyak ragam bua bang utan
Bua kayu bua akar bua la rutan
Sepat kelat masam manis kuang de makan
Cube dengar benar-benar kan kusebutkan
Rukam kiras jemang rangkas keremuntingan
Kandis melak tungking kijang bua sisilan
kelinsutan kelincakan kelebantuian
usa ragu usa takut silakan makan...


Semoga generasi muda saat ini juga mengingat jelas dan belajar mengenai lagu-lagu ini. Mungkin pada umumnya saat duduk di bangku SD atau di SMP kita hanya sekedar menyanyikan lagu ini, tanpa mengerti maksud dari lagu tersebut dan jenis-jenis maupun wujud dari nama-nama buah dan kekayaan alam daerah kita.

Begitu juga dengan saya yang dulu penuh dengan pertanyaan alias orang awam, keterbatasan informasi dan ilmu akan tumbuh-tumbuhan di hutan kita yang ternyata memiliki manfaat dan bernilai langka.

Halaman
1234
Editor: Rusmiadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved