Breaking News:

WIKI Belitung

Peringati Hari Kopi Internasional 2019, Kopi Kekinian Belitung Manjakan Kawula Muda

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional atau World Coffee Day.

Penulis: Suharli | Editor: nurhayati
Posbelitung/Suharli
Barista Kopi Janji Jiwa Jilid 312 yang berlokasi di Jalan Melati no.499 Kelurahan Tanjung Pendam, Tanjungpandan Belitung,Senin (1/10/2019) 

POSBELITUNG.CO-- Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional atau World Coffee Day. Awalnya, terdapat dua versi soal penanggalan Hari Kopi International.

Sekitar 17 negara merayakan Hari Kopi International pada 29 September seperti Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia. Namun selanjutnya disepakati 1 Oktober berdasarkan sidang International Coffee Organization (ICO) pada Maret 2014.

Peringatannya pun mulai dilakukan sejak 2015. ICO merupakan organisasi antarpemerintah untuk kopi guna menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerja sama internasional.

Awalnya hanya terdapat 74 negara, namun kini telah terdiri atas 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam ICO. Mereka mewakili 98 persen produksi kopi dunia dan 83 persen konsumsi dunia.

Di Indonesia, Hari Kopi Internasional juga dirayakan buat mempromosikan beragam jenis kopi nusantara.

Pada 2017, Presiden Joko Widodo turut serta merayakannya di Istana Bogor. Saat itu ia mengaku senang melihat pertumbuhan bisnis kopi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Perkembangan tersebut terjadi berkat budaya minum kopi di kalangan anak muda yang kian meningkat.
Bagaimana dengan Pulau Belitung? Wilayah yang terdiri dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur ini sudah mengenal budaya minum kopi sejak zaman Belanda.

Jejak kedai kopi legendaris pun masih eksis hingga saat ini. Di Tanjungpandan sebut saja Kongdjie, Ake, hingga Mak Jannah. Sementara Manggar, Belitung Timur bahkan dijuluki Kota 1001 Warung Kopi.

Seiring perkembangan Belitung sebagai destinasi wisata, menyeruput kopi bukan cuma milik kalangan orang tua tetapi juga kawula muda. Mengakomodir selera anak muda, varian rasa pun sudah makin beragam serta dikemas lebih modern. Kedai kopi kekinian pun bermunculan.

Contohnya Kopi Janji Jiwa Jilid 312 yang berlokasi di Jalan Melati No 499 Kelurahan Tanjung Pendam.Tidak main-main, menilik dari namanya, ini merupakan merek franchise atau waralaba kopi yang gerainya sudah tersebar di sejumlah kota Besar di Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved