Virus Corona di Beliitung Timur

Sekda Beltim Bantah Statement Sekretaris Satgas Covid-19 Babel, Tracking dan Testing Tak Berjalan

Sekretaris Percepatan dan Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan tracking dan testing di Belitung Timur tak berjalan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
posbelitung.co
Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi. (Posbelitung.com/Bryan) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Sekretaris Percepatan dan Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan tracking dan testing di Belitung Timur tidak berjalan.

Merespon hal tersebut, Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fakhrozi membantah statement Mikron.

Menurut Ikhwan, tim kesehatan sudah mati-matian berjuang melaksanakan testing dan tracking atas kontak erat pasien covid-19.

Dia menyebutkan, bahwa tidak bisa selalu selesai tracking di sebuah wilayah, data hasil trackingnya diinput pada hari itu juga, karena nakes yang melakukan pekerjaan itu juga terbatas dan harus juga diperhatikan kesehatannya.

"Jadi tidak bisa setiap selesai tracking diekspos dirilis. Kondisi geografis kemasyarakatan dengan di Bangka juga berbeda, tak bisa dipukul rata begitu," ungkap Ikhwan kepada Posbelitung, Senin (31/05/2021).

Soal klaster yang saat ini menanjak yaitu klaster perusahaan swasta di Dendang, Ikhwan sudah menanganinya bekerjasama dengan perusahaan terkait.

Ia menyebutkan, tempat isolasinya di dalam asrama karyawan sehingga bisa terlokalisir dengan baik.

"Pemerintah dan stakeholders lain juga tidak diam. Kami sudah mengontrol ke sana langsung bagaimana penanganannya. Jadi saya pikir jangan terus disamakan dengan Bangka, setiap daerah punya masalah yang berbeda," tegas Ikhwan.

Terkait soal pernyataan Mikron yang menyebutkan swab sampel dari Belitung Timur belum dikirimkan ke Labkesda Bangka, Ikhawan menegaskan bahwa dalam permenkes revisi kelima, swab antigen sudah cukup dalam mendiagnosa covid-19 sehingga tidak perlu lagi mengirimkan swab PCR lanjutan ke Bangka.

Kecuali, katanya, bagi pasien-pasien dalam keadaan dan kondisi tertentu maka bisa dilanjutkan pemeriksaan swab PCR dan dikirim ke Labkesda Bangka.

Dia sendiri berkeyakinan semua pihak di Belitung Timur terus memonitor perkembangan dan penanganan covid-19, tidak ada yang terlewat.

Bahkan menurutnya razia protokol kesehatan di Belitung Timur sudah masif sekali dilakukan setiap hari dari camat, kades, bhabinkamtibmas, babinsa, dan unsur lainnya.

"Mari kita saling mendukung dan menguatkan bukan malah saling menjatuhkan. Ini masalah tidak hanya terjadi di Babel, tapi seluruh dunia mengalami masalah serupa. Kita sama-sama berharap virus ini bisa hilang sehingga kita bisa hidup normal kembali," ajak Ikhwan. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved