Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Syarat Penerbangan di Belitung, Tes Antigen Harus Negatif, Begini Kata Untung Basuki

syarat perjalanan transportasi udara pada Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Belitung kini sudah menerapkan swab antigen hasil negatif. Bukti swa

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
IST
ILUSTRASI: Situasi penumpang saat turun dari pesawat di Bandara Hanansjoeddin Tanjungpandan, Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Syarat perjalanan transportasi udara pada Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Belitung kini sudah menerapkan swab antigen hasil negatif. Bukti swab antigen tersebut menjadi satu di antara sejumlah syarat bagi penumpang pesawat.

Itu didasari surat Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021, ditindaklanjuti Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Nomor 22 Tahun 2021, tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Executive General Manager (EGM) PT AP II Cabang Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Untung Basuki mengatakan, untuk syarat perjalanan tersebut sudah diterapkan menggunakan antigen. "Tapi rata-rata masih ada yang menggunakan PCR, karena sudah terlanjur. Karena PCR itu kan berlaku 3 kali 24 jam," kata Untung Basuki, Rabu (3/11/2021).

Sedangkan untuk swab antigen hasil negatif, syarat penerbangan tetap berlaku 1 kali 24 jam, dengan penumpang tersebut sudah menerima dua kali dosis vaksin. "Kalau hanya satu kali vaksin, tetap menggunakan PCR. Itu berlaku ke semua tujuan, hingga tanggal 15 November mendatang," ucapnya.

Ia berharap, seiring menurunnya Kasus Covid-19, setelah Tanggal 15 November mendatang, bisa dipertahankan atau di longgarkan syarat penumpang untuk melakukan perjalanan udara.

"Misalkan cukup hanya menggunakan vaksin, tanpa harus PCR atau antigen. Kami juga berharap, maskapai bisa mengaktifkan kembali rute-rute yang kemarin non aktif, kembali aktif, dan juga ada dukungan dari  event-event di Belitung, karena itu bisa mendorong, serta meningkatkan perjalanan masyarakat melakukan perjalanan ke Pulau Belitung," tegasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)
 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved