Kebanggan Masyarakat NTT, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sabu Raijua di Sidang Tahunan MPR

Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke terharu dan bangga melihat Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Sabu bermotif bunga Ros saat menghadiri

kolase/instagram/Antara
Pakaian adat khas Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih Presiden Joko Widodo sebagai kostum yang dikenakannya saat Sidang Tahunan MPR di Komplek Parlemen Senayan Jakarta Jumat (14/8/2020). 

POSBELITUNG.CO -- Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengenakan pakaian adat Sabu bermotif bunga Ros saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

Pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi membuat warga Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Terkait hal itu, Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke terharu dan bangga melihat Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Sabu bermotif bunga Ros tersebut.

"Bunga Ros melambangkan kesucian hati. Dan, pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi dipakai semua kalangan mulai dari rakyat kecil sampai bangsawan yang ada di Sabu Raijua. Motif seperti ini dikenakan semua kalangan tanpa membedakan strata sosial di tengah kehidupan bermasyarakat," kata Bupati Rihi Heke kepada Pos Kupang ( tribunnewsnetwork).

"Ini menunjukkan kita Indonesia, kita NTT, kita Sabu Raijua. Walaupun berada di Selatan Indonesia tapi Presiden sangat cinta hasil karya perempuan Sabu Raijua," ucap Bupati Rihi Heke dengan suara terbata-bata.

Universitas IBA Palembang Akan Tempuh Jalur Hukum Polisikan RN Si Oknum Dosen Cabul

Menurutnya, pesan yang ingin disampaikan Presiden Jokowi bahwa warga harus mencintai hasil budaya sendiri.

Untuk itu, pada setiap kesempatan di manapun berada, Bupati Rihi Heke mendorong dan memotivasi generasi muda untuk terus berkarya melalui kegiatan menenun.

Pemerintah Sabu Raijua terus mendukung kegiatan kaum ibu dalam usaha menenun dengan memberikan benang untuk mereka bisa terus berkarya.

"Saya bangga karena banyak pejabat nasional maupun daerah termasuk para artis banyak mengenakan pakaian adat Sabu Raijua. Bapak Presiden mengenakan juga motif bunga Ros. Saya tidak banyak berkata-kata dan mengucapkan terima kasih buat Bapak Presiden dan mendoakan agar tetap sehat dalam memimpin bangsa ini," ucap Bupati Rihi Heke.

Rihi menyebut, tenun khas Sabu yakni Ei atau sarung Higi atau selimut dan Naleda atau selendang tenun yang dibuat dengan menggunakan benang.

Ketua DPRD Sabu Raijua Paul Rabe Tuka juga terharu dan bangga melihat Jokowi mengenakan pakaian adat Sabu.

"Secara pribadi dan selaku pimpinan lembaga DPRD, saya merasa bangga dan gembira melihat yang mulia Presiden Jokowi memakai tenun Sabu Raijua," ucap Paul.

Presiden Erdogan Akan Tarik Dubes dan Ancam Putuskan Hubungan Diplomatik dengan UEA, Ini Penyebabnya

Paul memaknai Presiden Jokowi sangat menghormati hasil karya penenun NTT umumnya dan Sabu Raijua khususnya.

"Apalagi dikenakan pada momen menjelang HUT ke-75 Kemerdekaan RI memberi pesan kepada generasi muda untuk mencintai hasil budaya sendiri. Ini pertanda cinta Jokowi yang besar kepada NTT dan penghargaan buat kaum perempuan penenun di NTT," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved