Berita Belitung

Bupati Belitung Timur Dorong Pengelolaan Geosite Lebih Profesional

Bupati Belitung Timur mengajak stakeholder Geopark studi komparasi ke UNESCO Global Geopark Gunung Sewu.

Bupati Belitung Timur Dorong Pengelolaan Geosite Lebih Profesional
Posbelitung.co/Suharli
Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza dan rombongan berfoto bersama pengelola Geopark Belitong, saat mengunjungi rumah Dinas Bupati Gunung Kidul, Kamis (5/12/2019) 

Bupati Belitung Timur Dorong Pengelolaan Geosite Lebih Profesional

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Bupati Belitung Timur mengajak stakeholder Geopark studi komparasi ke UNESCO Global Geopark Gunung Sewu.

Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme pengelolaan geosite dan menjaga konsistensi menyelesaikan PR menuju UNESCO Global Geopark Belitong.

Kedatangan Bupati bersama rombongan diterima oleh Bupati Gunung Kidul Hj Badingah, di rumah dinasnya didampingi BP UNESCO Global Geopark Gunung Sewu dan OPD di lingkungan Pemkab Gunung Kidul hari ini kamis, (5/12/2019).

Sambut HUT IPC, PT Pelindo II Tanjungpandan Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai Geosite

Serunya Menyusuri Perigi Beracun Kawasan Geosite Batu Bedil dan Legenda Dibaliknya

Yuslih menyampaikan dalam studi komparasi ini mengajak Pengurus BP Geopark Nasional Belitong, OPD strategis diantaranya Bappelitbangda, Disbudpar, Dinas LH, Dinsos pemberdayaan masyarakat desa, Disnaker KUKM Belitung Timur.

"Tentunya yang terpenting mengajak komunitas (pengelola) geosite di Geopark Belitong, untuk belajar Bersama ke Unesco Global Geopark Gunung Sewu," ujar Yuslih.

Menurutnya kegiatan ini terkait pembangunan geosite, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan geosite, BUMDES dan geotourism di kawasan geopark serta pelestarian lingkungan hidup.

Turis Mancanegara Diajak Kunjungan ke Geosite Belitung

VIDEO: Bank Sumsel Babel Serahkan CSR Delapan Papan Nama Geosite

Yuslih menyampaikan sebelumnya sudah dilaksanakan diskusi antar Badan Pengelola Geopark dan OPD strategis di  Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, yang dilanjutkan dengan diskusi antar pengelola geosite dan BUMDES di geosite Goa Pindul sekaligus mencoba penelusuran gua bersama pengelola.

"Hari ini, sebelum diterima dan diskusi dengan ibu bupati kami mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran sekalian diskusi praktis bersama pengelola geosite. Jika masih memungkinkan kami juga akan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk, di Desa Bleberan dimana sebagai desa wisata terbaik tingkat nasional," jelasnya.

Serunya Menyusuri Perigi Beracun Kawasan Geosite Batu Bedil dan Legenda Dibaliknya

Geosite Geopark Belitong di Belitung Timur Terdampak Kemarau, Sungai Purba Jadi Padang Tandus

Menurut Yuslih, dipilihnya Geopark Gunung Sewu untuk studi komparasi bukan tanpa alasan, selain kemiripan karakteristik warisan geologi, posisi geografis yg merupakan daerah pesisir, dan yang paling penting adalah bahwa di Gunung Kidul pengelolaan geopark sudah meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat, membesarkan BUMDes dan meningkatkan PAD.

"Saya berharap melalui studi komparasi ini pengelola geosite di Beltim bisa lebih semangat dalam mengelola geosite selain sebagai ladang ibadah menjaga warisan bumi, tapi juga bisa ladang riski yang barokah," harap Yuslih

Selain itu untuk OPD strategis di Beltim juga bisa mensuport nyata pengembangan geosite, baik dari sisi penyediaan sarana prasarana (Sarpras) maupun program-progam pemberdayaan. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved